BAB 9 ( PENGENDALIAN INTERNAL & SIA)

 

RANGKUMAN BAB 9

PENGENDALIAN INTERNAL & SIA

               Pengendalian Internal merupakan bagian integral dari Sistem Informasi  Akuntansi (SIA). Pengendalian Internal  dapat di definisikan yaitu , suatu proses  yang di jalankan untuk Dewan komisaris,Manajemen & Personalia. Dengan menerapkan pengendalian internal dalam system informasi akuntansi  maka  perusahaan  akan lebih mudah  mendapatkan informasi akuntansi  yang bekualitas  yang dapat juga di audit. Sehingga perusahaan mampu mencapai tujuannya & meminimalkan resiko.

Kriteria yang dimiliki oleh pengendalian Internal, yaitu:

  1. Keandalan pelaporan keuangan perusahaan
  2. Efektifitas & efesiensi pengoperasian
  3. Keputusan terhadap hukum  & peraturan yang ada.

System pengendalian Internal  yaitu suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan di perusahaan.

Tujuan dari system pengendalian Internal , yaitu :

Pengendalian dalam suatu perusahaan merupakan sistem yang dapat membantu pemimpin perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya, sehingga dapat diarahkan pada tingkat yang paling efisiensi dan efektif guna mencegah kecurangan, penyelewengan dan pemborosan . Pengendalian ini berfungsi apabila di dalamnya tercakup tujuan yang merupakan arah dalam pelaksanaan kegiatan.

System Informasi Akuntansi  ( SIA ) yaitu , kesatuan struktur-struktur dalam suatu entitas, seperti perusahaan bisnis yang mempekerjakan sumber-sumber daya fisik dan komponen-komponen lain untuk mentransformasikan data ekonomi menjadi informasi akuntansi yang berkualitas, dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan para pemakai informasi yang beraneka ragam.

Tujuan sistem informasi akuntansi , yaitu :

Dalam memenuhi kebutuhan informasi, baik untuk kebutuhan internal dan eksternal, sistem informasi akuntansi harus di desain sedemikian rupa sehingga memenuhi fungsinya. Demikian pula suatu sistem informasi akuntansi dalam memenuhi fungsinya harus mempunyai tujuan-tujuan yang dapat memeberikan pedoman kepada manajemen dalam melakukan tugasnya sehingga dapat menghasilakn inmformasi-informasi yang berguna, terutama dalam menunjang perencanaan dan pengendalian.

Hubungan Sistem Pengendalian Internal dengan Sistem Informasi Akuntansi adalah :

Sistem informasi akuntansi ini dirancang sedemikian rupa oleh suatu perusahaan sehingga dapat memenuhi fungsinya yaitu menghasilkan informasi akuntansi yang tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya. Dalam suatu sistem informasi akuntansi terkandung unsur-unsur pengendalian, maka baik buruknya sistem informasi akuntansi sangat mempengaruhi fungsi manajemen dalam melakukan pengendalian internal, karena informasi yang dihasilkannya akan dijadikan salah satu dasar dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan. Mengingat begitu pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi dalam suatu perusahaan, maka tidak dapat dibayangkan bagaimana jadinya kalau suatu perusahaan tidak memiliki sistem informasi akuntansi yang memadai. Perusahaan tersebut mungkin tidak dapat memproses transaksinya secara jelas, terinci dan terstruktur. Kemudian perusahaan tersebut mungkin tidak akan memperoleh informasi yang relevan dan dapat dipercaya yang diperlukannya untuk dijadikan dasar dalam mengambil keputusan yang menyangkut aktivitas dan kelangsungan hidup perusahaan.

Selanjutnya karena sistem informasi akuntansi didalamnya mengandung unsur-unsur pengendalian, maka perusahaan mungkin tidak dapat menjalankan pengendalian-pengendalian yang diterapkannya dengan baik. Karena pengendalian tidak dijalankan dengan baik, tidak menutup kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan dan kecurangan-kecurangan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Jika penyimpangan dan kecurangan sudah terjadi otomatis aktiva yang dimiliki perusahaan terancam keselamatannya dan aktivitas yang dilakukan menjadi tidak efektif dan efisien.

Nama Kelompok :

  1. Jaqueline C.SK      (01110002)      3. Ike Wahyuni                        (01110059)
  2. Dwi Anggun K.S    (01110010)

 

 SOAL PENGENDALIAN INTERNAL & SIA

  1. Apa yang di maksud dengan pengendalian Internal ?                                           Pengendalian internal adalah rencana organisasi dan metode bisnis yang dipergunakan untuk menjaga aset, memberikan informasi yang akurat dan andal, mendorong dan memperbaiki efisiensi jalannya organisasi, serta mendorong kesesuaian dengan kebijakan yang telah ditetapkan.
  2. Sebutkan 3 kriteria yang di miliki oleh Pengendalian Internal ?                                 Adapun 3 criteria yang di miliki oleh Pengendalian Internal yaitu :                              1) Keandalan pelaporan keuangan.                                                                2) Efektifitas & Efesiensi operasi.                                                                                3) Keputusan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.
  3. Apa hubungan antara Pengendalian Internal & SIA ?                                            Dengan menerapkan Pengendalian Internal dalam System Informasi Akuntansi (SIA) maka  perusahaan  akan lebih mudah  mendapatkan informasi akuntansi  yang bekualitas  yang dapat juga di audit. Sehingga perusahaan mampu mencapai tujuannya & meminimalkan resiko.
  4. Apa yang di maksud dengan system pengendalian Internal dalam SIA ?                System pengendalian Internal  yaitu suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan di perusahaan.
  5. Sebutkan tujuan di buatnya system pengendalian Iternal di suatu perusahaan ?            Pengendalian dalam suatu perusahaan merupakan sistem yang dapat membantu pemimpin perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya, sehingga dapat diarahkan pada tingkat yang paling efisiensi dan efektif guna mencegah kecurangan, penyelewengan dan pemborosan . Pengendalian ini berfungsi apabila di dalamnya tercakup tujuan yang merupakan arah dalam pelaksanaan kegiatan.
  6. Sebutkan dan jelaskan dua macam jenis system penggendalian Internal ? dan sebutkan pula contohnya ?                                                                                           Ada 2 macam jenis dari system penggendalian Internal , yaitu :                                    1)  Penggendalian Internal Akuntansi (Preventive Controls)                                               Pengendalian Internal Akuntansi dibuat untuk mencegah terjadinya inefisiensi             yang  tujuannya adalah menjaga kekayaan perusahaan dan memeriksa                       keakuratan data akuntansi.                                                                                                 - Contoh : adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab antar unit                                              organisasi.

2)  Penggendalian Internal Administratif (Feedback Controls)                                                      Pengendalian Administratif dibuat untuk mendorong dilakukannya efisiensi                            dan mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen.(dikerjakan setelah                                adanya pengendalian akuntansi)                                                                                                -   Contoh : pemeriksaan laporan untuk mencari penyimpangan yang ada,                                               untuk kemudian diambil tindakan.

7. Jelaskan apa yang di maksud dengan SIA ?                                                                            System Informasi Akuntansi (SIA) yaitu , kesatuan struktur-struktur dalam suatu                  entitas, seperti perusahaan bisnis yang mempekerjakan sumber-sumber daya fisik            dan komponen-komponen lain untuk mentransformasi data ekonomi menjadi                      informasi akuntansi, dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan para pemakai                  informasi yang bervariasi.

8.  Sebutkan tujuan dari SIA ?                                                                                                        Tujuan dari Sistem Informasi Akuntansi Dalam memenuhi kebutruhan informasi,                baik untuk kebutuhan internal dan eksternal, sistem informasi akuntansi harus di                  disain sedemikian rupa sehingga memenuhi fungsinya. Demikian pula suatu sistem            informasi akuntansi dalam memenuhi fungsinya harus mempunyai tujuan-tujuan                yang dapat memeberikan pedoman kepada manajemen dalam melakukan                          tugasnya sehingga dapat menghasilakn inmformasi-informasi yang berguna,                      terutama dalam menunjang perencanaan dan pengendalian.

9. Sebutkan unsur -unsur yang terdapat dalam SIA ?                                                                     1. Orang-orang yang mengoperasikan sistem dan melaksanakan berbagai fungsi.               2. Prosedur-prosedur, baik manual maupun yang terotomatisasi yang dilibatkan                       dalam    mengumpulkan, memproses dan menyimpan data tentang aktivitas-                       aktivitas organisasi.                                                                                                               3. Data tentang proses – proses bisnis organisasi                                                                 4. Software yang dipakai untuk memproses data organisasi.                                                 5. Infrastuktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan                     peralatan untuk komunikasi jaringan.                                                                           10. Sebutkan fungsi dari SIA ?                                                                                                      Fungsi dari SIA Yaitu untuk melakukan pengawasan yang memadai untuk                            menjamin bahwa informasi yang dihasilkan dapat dipercaya, aktivitas bisnis yang               dilaksanakan secara efesien dan sesuai dengan tujuan manajemen, serta sejalan               dengan peraturan yang telah digariskan, me;lindungi dan menjaga aktiva organisasi             termasuk data yang diberikan perusahaan.

 

Nama Kelompok :

  1. Jaqueline C.SK      (01110002)
  2. Dwi Anggun K.S    (01110010)
  3. Ike Wahyuni          (01110059)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>